Minggu, 12 Oktober 2008

KE RUMAH NENEK
Lebaran sudah lewat 3 hari, sekarang aku, ayah, ibu dan Hilman mau pergi ke Tasik, Manonjaya, disana, ada rumah nenek Eti, ibunya ibuku.
Aku bangun pagi-pagi karena hari ini kita berangkat ke Tasik. Di rumah ada Mang Erwin, adik ibu. Kemarin, Bi Ida, Mang Oki, Bram, Tiara Adelia dan Mang Erwin kerumah, habisnya Mereka mau pulang ke Tangerang, dan belum ketemu di Tasik, karena baru besok aku berangkatnya. Mang Erwin nginep dulu di rumahku, katanya mau main kerumah temennya yang di Bandung besok. Sedangkan yang lainnya langsung pulang lagi ke Tangerang.
Kami berangkat jam 9 dari rumah ke terminal, diantar Mang Santo dan Mang Endi, adik ayah, juga diantar tukang ojek. Aku dan Mang Endi pertama sampai diterminal bisnya, terus nunggu yang lainnya dating. Kemudian Ibu dan Mang Santo dating, terus aku dan ibu langsung beli makanan untuk di perjalanan. Waktu lagi belanja, Ayah dan Hilman dating, jadi lengkap deh semuanya! Waktu mau berangkat, Mang Santo dan Mang Endi pulang.
Ayah pingin naik bis Budiman, yang ber-AC, karena katanya di Nagreg macet, jadi supaya kalau macet nggak kepanasan, jadi milihnya bis yang ada AC-nya. Tapi sayangnya, bis Budiman belum juga datang, jadi kami menunggu sebentar di terminal, sebelumnya juga ada yang nawarin bis ke tasik, pake AC, tapi bisnya bis Alladin, ayah nggak mau, mungkin karena mahal. Tapi tiba-tiba bis Budimannya datang juga! Banyak orang-orang yang lari-lari ngejar bi situ, ternyata banyak yang mau ke Tasik juga ya! Ayah yang duluan kesana, ngejagain tempat duduknya buat berempat. Kami duduk hamper di belakang, karena dibelakang kursinya ayah dan Hilman, itu bangku yang paling belakang, sedangkan aku duduk di depan kursi ayah dan Hilman, aku duduk sama ibu.
Pertama-tama emang nggak macet, tapi lama-lama macet juga. Aku lupa lagi apa nama jalan yang macet itu, tapi di Nagreg nggak macet, Cuma waktu sebelum ke nagreg aja macetnya. Di jalan ayah dapet telepon, katanya Mang Endo, adik ayah, mau ngejagain rumahku, terus mau buat api unggun pas malem-malemnya di lapangan di depan rumahku. Ibu katanya mual, terus pusing. Tapi kalau aku nggak tuh! Nyaman banget loh, bis Budiman yang satu ini! Aku nggak mual deh!(Emang biasanya aku nggak mual!)
Waktu jam setengah dua-an aku nyampe di terminal Tasik. Waah… lega….tapi, kami nggak tahu mau naik apa buat ke Manonjaya. Asalnya aku mau naik Taxi, tapi nggak da Taxsinya, dan juga adik aku nggak mau naik Taxi, katanya takut muntah. Terus ayah nemuin bis kecil gitu, yang ke Manonjaya, jadi kami naik kesana. Kata ibu, bisnya menyeramkan, nggak memperhatikan keselamatan penumpang, terus lelet banget kaya keong. Emang sih, lelet banget! Terus, bis berhenti lama banget!(Nyari penumpang, biasa..). Tapi lama banget! Aku nggak tahu ngabisin berpa jam di bis itu, pokoknya sumpek banget deh… tapi untung aja, aku duduknya dekat pintu, jadi, masih ada udara segarrrr………..
Akhirnya, sampai juga di rumah nenek! Aku sampai disana jam 5-an. Di depan rumah nenek udah ada Nenek Eti, Nenek Ade, Bi Yanti, Mang Isaldan Bi Aini, kalau Kakek Iyus kayaknya lagi tidur. Akhirnya, selama 8 jam, nyampe juga…setelah naik bis yang kayak keong itu, akhirnya bebas juga… hi…hi…hi…
Waktu jam 6-an lah, ibu, Nenek Eti dan Nenek Ade, Kakek Iyus dan Bi yanti pergi ke rumah nenek Eutik, nggak tahu mau ngapain. Jadi aku, Hilman, Ayah, Mang Isal, Bi Aini di rumah nenek Eti, oh ya, ada kabar buruk! Besok Mang Isal, Bi Aini, Kakek Iyus sama Nenek Ade pulang! Jadi nggak ada temen deh…
bersambung....

Tidak ada komentar: